Cat Putih Bikin Bangunan Lebih Sejuk

Ilustrasi (Foto: Pixasquare – Pexels)

Bangunan terasa panas dan pengap? Ternyata, mengatasinya tidak perlu sampai merombak bangunan dan ruangan secara besar-besaran. Solusinya sederhana saja: warnai bangunan dan ruangan kita dengan warna putih. Mudah, kan?

Dilansir dari Newscientist.com, cat putih sangat direkomendasikan agar bangunan terasa nyaman dan adem. Pasalnya, tipe warna ini sangat reflektif, sehingga mampu mendinginkan permukaan hingga di bawah suhu udara di sekitarnya. Bahkan, teknik ini bekerja pada bangunan yang diterpa cahaya matahari secara langsung. Dampak lainnya, cat putih bisa membantu mengurangi penggunaan pendingin ruangan dan menghemat energi dalam jumlah yang sangat besar.

Pemanfaatan atap yang diwarnai putih untuk membuatnya dingin lumrah dilakukan di negara-negara beriklim panas. Para ahli material menyimpulkan bahwa warna putih lebih baik untuk mendinginkan atap yang panas pada siang hari. Meskipun demikian, hal ini belum menjadi tren di Indonesia hingga hari ini.

Sebuah usaha untuk mengembangkan cat putih guna mendinginkan ruangan ini dilakukan juga oleh Xiulin Ruan di Universitas Purdue. Bersama teman-temannya, dia mengembangkan cat putih yang reflektif dan mampu memancarkan panas. Hasilnya, cat ini bisa mendinginkan permukaan hingga 1,7 derajat Celcius di bawah suhu udara rata-rata pada siang hari selama pengujian di Indiana, Amerika. Capaian ini lebih baik bila dibandingkan cat reflektif panas komersial lainnya yang hanya memantulkan sekitar 80-90 persen panas matahari. Cat Xiulin sendiri mampu memantulkan hingga 95,5 persen panas matahari.

Proses memantulkan panas ini sebenarnya sudah lama terjadi secara alami. Permukaan yang berwarna terang memantulkan kembali radiasi panas matahari ke langit dan luar angkasa. Hanya saja, teknik ini baru diadaptasi pada 2014 seiring penemuan material yang mampu bekerja memantulkan panas dengan baik pada siang hari.***

0 Comments

No Comment.