Data iklim untuk 121 lokasi di Indonesia

Kendala utama untuk melakukan simulasi energi bangunan atau perancangan AC adalah data iklim. Situs OneBuilding.org merilis data iklim untuk ribuan lokasi di seluruh dunia. Untuk Indonesia, ada data iklim untuk 121 lokasi dengan total file berjumlah 223. Beberapa lokasi memiliki lebih dari 1 data iklim.

Silakan lihat halaman iklim dari situs OneBuilding.org: http://climate.onebuilding.org/. Indonesia ada di regio Southwest Pacific.

Atau silakan langsung menuju ke data iklim untuk Indonesia: http://climate.onebuilding.org/WMO_Region_5_Southwest_Pacific/IDN_Indonesia/index.html

Semua data iklim ini adalah data TMY (Typical Meteorological Year), yaitu tahun tipikal untuk masing-masing lokasi. Jadi bukan data aktual. Jangan berharap ada data iklim untuk Bandara HLP pada tanggal 01-Januari-2005, misalnya. Data TMY berisi data per jam selama 1 tahun, yang menunjukkan iklim tipikal di masing-masing lokasi.

Data TMY biasanya dibuat dari data iklim aktual dengan rentang waktu lebih dari 30 tahun. Data iklim aktual yang digunakan untuk membuat file TMY tidak ditampilkan di dalam situs ini. Kalau ada yang memerlukan data mentahnya, silakan hubungi kami.

Beberapa lokasi memiliki data TMY lebih dari satu. Ini disebabkan karena lokasi tersebut memiliki rekaman data yang panjang, lebih dari 30 tahun. Sehingga untuk mengetahui perubahan iklim tipikal, dibuatlah beberapa data TMY dengan menggunakan rentang tahun yang berbeda, biasanya 30 tahun dan 15 tahun. Data TMY bisa dibuat dengan menggunakan minimal rekaman data aktual selama lima tahun.

Bila ada pertanyaan mengenai data iklim ini, silakan hubungi kami.

0 Comments

No Comment.