Enam Manfaat Rumah Pintar

Ilustrasi (Foto: David Mcbee – Pexels)

Konsep rumah pintar telah ada selama beberapa dekade. Produknya sendiri baru hadir dalam satu dasawarsa terakhir. Banyak peranti terbaru rumah pintar bermunculan setiap hari kini. Namun, kenyataannya, adopsi rumah pintar masih belum secepat yang kita harapkan.

Demikian ditulis Jay Zhao, Ph.D, kepala Delos Labs, melalui Medium.com. Menurutnya, beberapa kendala terus dibahas, termasuk harga, kompatibilitas, keandalan, pengalaman pengguna, privasi dan keamanan, serta “kebodohan” beberapa fitur otomatis. Namun, tantangan ini perlahan-lahan mulai teratasi seiring banyaknya inovasi di bidang rumah pintar. Kuncinya, orang-orang perlu memahami dan mengenali manfaat dari genre teknologi ini.

Secara nyata dan jangka panjang, menurut pakar IOT in Buildings ini, ada enam manfaat dari rumah pintar. Keenam manfaat itu adalah sebagai berikut.

Kenyamanan dan Kontrol

Segala yang ada di rumah pintar bisa dikontrol dengan usaha yang paling nyaman bagi kita. Kita bisa mengunci akses rumah dari jarak jauh, tinggal berteriak untuk mematikan lampu, serta menutup tirai otomatis pada jadwal matahari terbenam. Hal tersebut merupakan sebagian contoh kenyamanan dan kontrol yang bisa kita dapatkan dari teknologi ini.

Tingkat Keamanan

Ini salah satu nilai jual lainnya dari rumah pintar, terutama di iklim masyarakat modern. Kita bisa lebih waspada terhadap keamanan di rumah kita. Mulai dari kamera yang otomatis mendeteksi gerakan dan mengirim peringatan, sensor otomatis untuk membuka pintu dan jendela, serta melihat dari jarak jauh orang yang membunyikan bel pintu di rumah kita. Semuanya membantu kita memperingatkan potensi bahaya dari manusia di lingkungan kita.

Hemat Energi dan Biaya

Meskipun biaya rumah pintar terkesan mahal, tetapi dalam jangka panjang, teknologi ini justru mampu menghemat biaya dan penggunaan energi di rumah kita. Kita bisa mengendalikan suhu berdasarkan jadwal, mematikan lampu saat rumah kosong, dan menyalakan perangkat tertentu saat benar-benar dibutuhkan. Penggunaan energi menjadi lebih efektif dan efisien, sehingga bisa menurunkan biaya penggunaan listrik. Bisa juga kita memanfaatkan sumber listrik mandiri yang bisa diatur lebih baik dengan menggunakan teknologi.

Deteksi Kesalahan dan Pemeliharaan

Ini termasuk yang diperhitungkan pada konsep rumah pintar. Para penghuni bisa mendeteksi kesalahan pada rumahnya, termasuk sensor yang memperingatkan kebocoran gas dan air. Pada beberapa momen, fitur yang satu ini bisa meningkatkan keamanan para penghuni rumah, khususnya akibat bencana yang bersifat lokal, seperti: kebakaran atau rapuhnya rumah akibat kebocoran air.

Kesehatan dan Kebugaran

Rumah pintar mampu meningkatkan kualitas hidup para penghuninya. Teknologi ini mampu mengendalikan pemurni udara, saringan air, pelembab, serta pengharum ruangan, serta lampu bangun yang membuat tidur lebih nyenyak. Latihan kebugaran pun bisa dilakukan lebih seru dengan perangkat teknologi ini. Kita bisa lebih semangat bergerak dengan berbagai simulasi permainan yang lebih menyenangkan.

Hiburan

Meskipun bukan hal esensial dari sebuah rumah, tetapi unsur yang satu ini menjadi salah satu pendorong orang-orang untuk memiliki rumah pintar. Mereka bisa memainkan lagu kesukaannya hingga terdengar di seluruh ruangan di rumah dan suasana pencahayaan pesta yang lebih sesuai.***

0 Comments

No Comment.