Limbah Plastik? Begini Cara Bergaul dengannya…

Ilustrasi (Sumber: Pixabay dari Pexels)

Bangunan mana pun pasti menghasilkan sampah, termasuk rumah dan kantor. Umumnya, plastik merupakan jenis sampah yang paling besar jumlahnya di antara sampah lainnya. Lalu, bagaimana cara mengolah sampah plastik kita agar dampaknya rendah terhadap lingkungan?

Dilansir dari Wikihow, secara garis besar, kita bisa mendorong orang-orang di rumah atau pun perkantoran untuk mendaur ulang sampah plastiknya. Kita bisa membawanya ke pusat daur ulang yang tepat atau menggunakan kembali. Dan berikut ini empat hal yang bisa kita lakukan terhadap sampah plastik kita.

Kenali Dulu Plastiknya
Kita perlu mengenal jenis plastik yang ada di rumah atau kantor kita sebelum mulai bekerja dengannya. Plastik sendiri bisa dibagi menjadi tujuh jenis yang diberi nomor sesuai macamnya. Kita bisa menemukan nomor plastik ini di bagian bawah plastik yang kita gunakan. Pengetahuan tentang jenis plastik ini memudahkan kita untuk menentukan cara yang tepat untuk mengolahnya.

Bila kesulitan untuk membaginya berdasarkan jenis, kita bisa mulai memilahnya berdasarkan bentuknya. Misalnya saja, kita bisa mulai dengan menggunakan ulang wadah plastik. Atau wadah sabun dan deterjen yang bisa diisi ulang dengan paket isi ulang. Hanya saja, berhati-hatilah dengan botol plastik minuman. Untuk jenis ini, hindari menggunakannya sebagai tempat air minum lebih dari dua kali.

Isi dengan Pernak-Pernik
Untuk beberapa kemasan, kita bisa menggunakannya sebagai tempat pernak-pernik menarik milik kita. Umumnya, kita bisa menggunakan kemasan krim wajah atau creambath untuk fungsi ini. Juga kita bisa mengisinya mulai dari koin hingga sekrup dan perlengkapan kerajinan tangan.

Buat Proyek Kerajinan
Kita bisa menggunakan botol minuman kita untuk mengasah rasa kesenian kita. Dari mulai piring permen hingga vas elegan bisa kita buat dari sampah jenis ini. Sebelum berkreasi, pastikan untuk membilas botol dengan sabun dan air hangat terlebih dahulu. Hal ini untuk memastikan bahwa botol bersih dari sisa minuman dan minim dari bakteri yang berbahaya.

Perbanyak Rumah Tanaman
Botol plastik berukuran besar juga bisa kita gunakan untuk wadah tanaman di rumah kita. Dalam hal ini, kita bisa membuat berbagai variasi hidroponik dengan menggunakan botol plastik. Atau, bisa juga memanfaatkannya sebagai wadah untuk bunga hias. Hal ini tentunya akan membuat bangunan kita tampak cantik dan indah juga penuh dengan udara segar pada siang hari.***

Recommended Posts

0 Comments

No Comment.