Pakailah Masker dan Perhatikan Ventilasi Ruangan

Ilustrasi (Foto: Anna Svhets – Pexels)

Ruangan tidak serta merta aman dari virus Corona. Alih-alih, justru di dalamnya risiko penularan bisa lebih tinggi terjadi. Oleh karena itu, penting untuk selalu memakai masker di dalam ruangan. Demikian disampaikan oleh Dr. Richard Corsi dalam akun Twitternya @CorsIAQ.

Menurutnya, masker menekan potensi penularan COVID19 di dalam ruangan. Bagaimana pun, kita tidak pernah tahu siapa yang sehat dan sudah terinfeksi penyakit ini. Orang terinfeksi dengan masker akan melindungi orang lain dari COVID19. Pun orang yang sehat akan mendapatkan perlindungan ekstra dengan menggunakan masker.

Tingkat partikel aerosol yang dihirup oleh reseptor digambarkan dengan persamaan Z = A + 0,01 x B x (100 – A). Z sendiri merupakan gabungan persentase volume yang terhirup oleh reseptor atau orang sehat yang berpotensi tertular. Sedangkan A merupakan persentase emisi berdasarkan infektor (orang terinfeksi) yang mengenakan masker. Lalu B merupakan persentase volume terhirup berdasarkan reseptor (penghirup udara) yang mengenakan masker. Misalnya saja, masker infektor 50 persen (A) dan masker reseptor 40 persen (B), maka tingkat efisiensi masker dalam menghilangkan partikel terinfeksi selama proses pernafasan (Z) sebesar 70 persen.

Angka 70 persen tersebut merupakan lapisan masker pertama yang cukup strategis dalam mengurangi risiko berlapis. Lalu, lapisan tambahan pada ruangan seperti ventilasi dan filtrasi hanya perlu memfokuskan 30 persen sisanya. Menurut Dekan Sekolah Tinggi Teknik dan Ilmu Komputer Maseeh ini, cara yang tepat dalam meningkatkan ventilasi dan filtrasi ruangan bisa menekan partikel terinfeksi Corona hingga 90 persen, bahkan lebih.

Tentunya, analisis tersebut hanya untuk partikel Aerosol dan tidak berlaku pada seluruh ukuran partikel yang terinfeksi virus. Dengan masker, droplet orang yang terinfeksi pun akan tertahan, sehingga mengurahi dampak cipratan pada wajah orang lain, termasuk mulut, mata, hidung, dan rambut.

Lebih lanjut, Corsi mengingatkan bahwa rantai wabah COVID19 bisa diputus secara murah dengan menegakkan protokol kesehatan. Salah satunya dengan memastikan kita dan tamu yang berkunjung menggunakan masker. Bagaimana pun, pengurangan kemungkinan penularan berdampak pada pengurangan risiko berlapis COVID19.***

0 Comments

No Comment.