Persyaratan Kontrol untuk Pencahayaan di Gedung Parkir

Standard efisiensi energi bangunan di Amerika, yang banyak dirujuk oleh peraturan di berbagai daerah di sana, juga mengalami revisi. ASHRAE 90.1-2019 mengandung banyak sekali perubahan, di antaranya aturan untuk gedung dan lapangan parkir.

Gedung parkir biasanya identik dengan lampu sodium, terang tapi kuning. Plus boros. Dengan kemajuan teknologi pencahayaan, lampu sodium itu sudah banyak yang diganti dengan lampu LED.

Hanya saja, peraturan bangunan di Amerika tidak hanya berhenti di situ. Peraturan juga mewajibkan agar tingkat pencahayaannya bisa diturunkan bila tidak ada orang. Di versi terbarunya, standard ini mewajibkan tiga hal:

  1. Penggunaan lampu LED untuk mencapai lighting power density yang rendah.
  2. Penurunan tingkat pencahayaan ke level 50% bila ruangan tidak ada orangnya. Angka ini turun (lebih ketat) dibandingkan versi tahun 2016 yang mewajibkan turun ke level 30%.
  3. Waktu timeout diturunkan menjadi 10 menit, dari 20 menit. Waktu timeout ini adalah waktu tunggu sebelum terjadi penurunan tingkat pencahayaan ketika sensor mendeteksi sudah tidak ada orang.

Gambar berikut meringkas penghematan yang terjadi. Pertama, tarikan dayanya juga sudah lebih kecil (garis hitam horizontal vs garis merah putus-putus). Karena diwajibkan menurunkan tingkat pencahayaan ketika tidak ada orang, maka lampu LED punya dua level daya, yaitu level tinggi dan rendah. Ketika tidak ada orang, lampu LED hampir selalu beroperasi di level daya rendah. Hasilnya? Penghematan yang mencapai 68%, dibandingkan dengan lampu sodium

Sumber: https://cltc.ucdavis.edu/article/ashrae-901-2019-updates-lighting-requirements 

0 Comments

No Comment.