Walkable City

Sebagian besar dari kita pasti pernah merasakan betapa tidak nyamannya berjalan kaki di kota-kota Indonesia, dan terkadang merasa bahwa walaupun tempat tujuan kita dekat, kita lebih nyaman menggunakan angkutan umum ataupun kendaraan pribadi.

Mengapa demikian?

Karena kota-kota kita tidak dirancang untuk menjadi sebuah walkable city atau kota yang (translasi secara harfiahnya) “dapat berjalan kaki”.

Apa itu sebuah walkable city?

Walkable city adalah sebuah kota yang memiliki aspek walkability yang tinggi di mana kota tersebut memiliki lingkungan yang mendukung serta mendorong kegiatan berjalan kaki dengan memberikan pejalan kaki kenyamanan dan keamanan, menghubungkan orang-orang dengan beragam tujuan dalam waktu dan tenaga yang wajar, selagi memberikan ketertarikan visual dalam perjalanannya. Sebuah lingkungan yang sangat walkable akan mengundang pejalan kaki melalui jaringan jalan yang kaya akan akses ke tempat-tempat yang orang tuju setiap harinya. Lingkungan tersebut nyaman dan aman, dengan jalan-jalan yang mudah disebrangi oleh masyarakat beragam umur dan kemampuan bergerak. Serta memiliki ruang-ruang yang atraktif dan menarik untuk dilewati, penuh dengan pepohonan dan elemen lanskap lainnya.

Maka dari itu, kita dapat menyimpulkan empat kunci agar sebuah kota maupun lingkungan nyaman untuk pejalan kaki, yaitu:

  1. Keamanan berjalan kaki;
  2. Kenyamanan berjalan kaki;
  3. Ketertarikan visual dalam perjalanan kaki;
  4. Dan sebuah alasan untuk berjalan kaki.

Bila empat aspek tersebut terpenuhi, tentu sebuah lingkungan akan lebih menarik untuk kita sebagai pengguna jalan untuk berjalan kaki.

Sumber:

  1. https://ascelibrary.org/doi/pdf/10.1061/%28ASCE%290733-9488%282005%29131%3A4%28246%29
  2. https://www.strongtowns.org/journal/2017/2/10/jeff-speck-4-ways-to-make-a-city-more-walkable

0 Comments

No Comment.