Ep #2 EE vs ET: Melihat Energy Terbarukan dari Perspektif Energy Efisiensi

Waktu: Senin, 25 Mei 2020
Pukul 13:00 – 13:30 WIB

Michael Moore mengeluarkan sebuah film baru yang sangat kontroversial. Sebuah film yang mengajak kita untuk melihat masa depan energi kita, dalam kaitannya dengan energy terbarukan (ET). Gambaran yang ditayangkan tidak indah, bahkan mungkin agak keliru, dan dituduh tidak menawarkan solusi. Buat kami, itu semua bukan alasan untuk tidak nonton film ini.

Justru karena film itu tidak menawarkan solusi, maka film itu jadi layak untuk ditonton. Dan kemudian didiskusikan.

Kami (Kinerja) bukanlah pemain di ranah ET. Setidaknya saat ini belum ada rencana untuk memasuki ranah tersebut. Kerjaan kami murni di sisi demand, fokus kepada efisiensi energi (EE). Tapi justru karena itu kami ingin mengajak agar kita rame-rame menonton film ini.

Ada pesan penting yang ingin kami sampaikan: implementasi ET harus berjalan di atas EE. Kalau tidak begitu, yaah, kita akan mengulangi kesalahan yang sama yang dilakukan oleh energi fosil.

Dalam Kinerja Membaca Edisi Lebaran kali ini, kami mengajak untuk sama-sama menonton film Planet of the Humans. Film ini dirilis di YouTube dan bisa ditonton secara gratis. Tapi tautan yang kami berikan di bawah ini bukan tautan YouTube, melainkan sebuah halaman yang berisi film itu, plus kumpulan kritik terhadap film tersebut. Kami ingin menyampaikan bahwa kami paham semua kritik yang dilontarkan kepada film ini, and yet, kami tetap menganjurkan anda untuk menontonnya.

Seperti biasa, di hari Senin siang, kami akan meluncurkan hasil refleksi kami terhadap film ini. Karena ini edisi lebaran, maka formatnya kami ubah menjadi sebuah video rekaman saja. Tidak ada webinar interaktif seperti Ep #1. Biarlah kita sama-sama menonton dan kemudian kami sampaikan hasil refleksi kami dalam menonton film itu dari perspektif EE.

Selamat lebaran, mohon maaf lahir batin.

Berikut tautannya:

Sebagai pengantar diskusi, review berikut mewakili pandangan kami: