Ep #4 Sertifikasi Bagunan Hijau di Jaman IoT dan AI: Obsolete?

Waktu: Jumat, 12 Juni 2020
Pukul 14:00 – 15:00 WIB

Selama ini bangunan dirancang tanpa dijelaskan sama sekali apa kriteria kinerja yang akan dicapai. Ini menyebabkan banyak bangunan yang kinerjanya dicapai “by chance” atau “by accident”. Sedikit sekali yang memiliki kinerja “by design”.

Karena itulah kita memerlukan proses sertifikasi. Agar proses perancangan bisa dilakukan dengan metodologi yang transparan, dan parameter kinerjanya dicatat oleh pihak ketiga. Pihak ketiga inilah yang menjamin bahwa kinerja bangunan bisa dicapai berdasarkan proses perancangan yang sudah terjadi.

Sekarang ini jamannya Internet of Things (IoT). Segala parameter bangunan bisa dengan mudah diukur secara real time. Datanya dengan mudah direkam sebagai bagian dari Big Data. Hasil rekamannya bisa diolah dengan Artificial Intelligence (AI) untuk menghasilkan perbaikan-perbaikan operasional.

Kinerja bangunan bisa diukur secara real-time sejak bangunan itu mulai beroperasi. Muncul pula jenis perancangan yang baru, yaitu evidence-based design. Mekanisme perancangan yang kinerjanya bisa langsung dibuktikan dengan berbagai aspek yang terukur.

Apakah dengan perkembangan ini, sertifikasi bangunan hijau menjadi tidak relevan lagi?